Powered By Blogger

Rabu, 10 November 2010

dana-dana yang terkumpul untuk korban bencana alam di indonesia

 Pengalangan dana untuk korban tsunami Mentawai dan letusan Gunung Merapi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang diprakarsai Kepolisian Daerah Bengkulu berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp1,1 miliar.
Sukatno (43), salah seorang panitia penggalangan dana korban bencana alam tsunami dan gunung api, di Bengkulu, Sabtu mengatakan, dana yang berhasil dikumpulkan pihaknya sebanyak Rp 1,1 miliar itu berasal sumbangan para pengusaha, pejabat dan elemen masyarakat lainnya.
Selain itu, Gubernur Bengkulu juga memberikan bantuan sebesar Rp200 juta terdiri atas uang tunai Rp100 juta dan berbentuk bahan pangan senilai Rp100 juta.
Dalam penggalangan dana tersebut panitia juga menerima batuan beras, mie instan, pakaian bekas layak pakai dan sejumlah bantuan bahan pangan lainnya.
Namun, dia tidak menjelaskan jumlah bantuan beras dan mie instan yang terkumpul dalam kegiatan penggalangan dana tersebut. "Kalau jumlah tonase beras dan dus mie instan saya tidak ingat. Sebab, bantuan ini berasal dari sumbangan masyarakat Rejang Lebong. Yang pasti jumlah lumayan banyaj," ujarnya.
Uang tunai dan bahan pangan yang berhasil dihimpun pada malam penggalangan dana yang gagasan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Burhanudin Andi dan beberapa media cetak dan elektronik setempat pada Kamis (4/11) malam akan segera disalurkan kepada para korban tsunami Mentawai dan Gunung Merapi karena mereka sangat membutuhkan bantuan.
Rencananya dana yang berhasil terkumpul sebesar Rp1,1 miliar itu akan dibagi rata untuk korban tsunami Mentawai, Sumbar Rp550 juta dan korban letusan gunung api sebesar Rp550 juta.
Demikian pula untuk bahan pangan dan pakaian bekas layak pakai yang terkumpul dalam penyaluranya akan dibagi rata. Hal ini sesuai dengan kesepakatan panitia penggalangan dana korban bencana di kedua provinsi tersebut.
"Jika tidak ada aral melintang bantuan ini akan kita salurkan langsung kepada Satkolak di masing-masing daerah. Kita akan mengutus beberapa mahasiswa yang akan mengantarkan bantuan tersebut ke Mentawai dan Yogyakarta," ujarnya.
Sebelumnya Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Burhanudin Andi mengatakan, dirinya banyak mengucapkan terima kasih kepada masyarakat daerah ini telah memberikan sumbangan untuk korban tsunami dan letusan gunung api.
"Semoga bantuan yang diberikan ini mendapatkan pahala dari Allah SWT dan dapat mengurangi beban penderitaan saudara kita di Mentawai dan Sleman yang sedang mendapat kemalangan," ujarnya.

selain dana yang terkumpul dari negeri sendiri,. cina juga menyumbangkan dana untuk korban bencana alam di indonesia,
Republik Rakyat Cina menyumbangkan bantuan senilai 10 juta renminbi atau setara Rp 13,3 miliar untuk pemulihan dampak bencana alam di Indonesia. Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional Cina, Wu Bang Guo menyampaikan rasa simpati dan dukacita yang mendalam kepada korban bencana yang terjadi di Indonesia. “Kami juga melihat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin langsung penyelamatan,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Republika, Rabu (10/11).
Selain itu, dia mengatakan, Cina juga menawarkan pula sumbangan obat-obatan, dam barang-barang yang dibutuhkan, tim medis,  dukungan teknis kepada pengawasan gempa bumi dan mengirimkan tenaga ahli. “Kami siap berpartisipasi dalam pembangunan setelah bencana dan dalam bentuk apapun serta memberkan bantuan yang dibutuhkan Indonesia sesuai dengan kemampuan kami,” ujarnya.
Wu berharap, bantuan ini dapat memperkuat hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin selama ini.

selain china timor leste juga menyumbangkan dana untuk indonesia

Timor Leste Sumbang Sejuta Dolar AS untuk Korban Bencana RI

Timor Leste Sumbang Sejuta Dolar AS untuk Korban Bencana RI
Kupang (ANTARA News) - Pemerintah Timor Leste dalam sidang kabinet yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Kay Rala Xanana Gusmao di Dili, Rabu, menyetujui bantuan kemanusiaan senilai sejuta dolar Amerika Serikat (AS) untuk meringankan korban bencana alam Gunung Merapi, tsunami Mentawai, dan Wasior.

"Ini merupakan bantuan rakyat dan pemerintah Timor Leste untuk rakyat dan pemerintah Indonesia, khususnya korban erupsi Gunung Merapi," kata Juru Bicara Kabinet Timor Leste, Antonio Ramos, kepada ANTARA News di Kupang melalui telepon selulernya di Dili, Rabu.

Menteri Sosial Timor Leste, Maria Domingo Alves, dan Wakil Menteri Keuangan negeri itu, Rui Hanjan, diputuskan dewan kabinetnya untuk segera menyerahkan bantuan tersebit kepada Pemerintah RI di Jakarta.

Pemerintah Timor Leste juga memutuskan kedua menteri tersebut melakukan koordinasi langsung untuk mengetahui keberadaan sekira 1.200 mahasiswanya yang bermukim di kawasan Yogyakarta dan Solo. "Jika situasi Merapi makin parah, maka Pemerintah Timor Leste segera mengevakuasi mahasiswa dari wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah," katanya.

Antonio Ramos menambahkan, PM Xanana atas nama pemerintah dan rakyat Timor Leste menyampaikan rasa dukanya yang mendalam atas musibah bencana alam yang terjadi di beberapa daerah Indonesia.
 
dan masih banyak lagi sumbangan-sumbangandari masyarakat indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar